5 Tanda Air Radiator Mobil Habis atau Berkurang

Tanda air radiator mobil habis

Saparoh.com - Tanda air radiaotor mobil habis saat penggunaan di jalan ternyata dapat kamu perhatikan langsung selama pemakaian loh tanpa harus cek ke dalam kap mobil. Tapi, jika kamu sebelum berkendara melakukan pengecekan air radiator mobil terlebih dahulu itu akan sangat baik. 

Pada artikel sebelumnya, kami sudah memberikan tutorial cara mengatasi mobil over heat dengan komplit berdasarkan pengalaman pribadi. Sekarang adalah bagaimana cara kamu mengetahui tanda air radiator mobil habis sebelum terjadinya over heat pada mobil. 

Seperti tindakan preventive atau pencegahan sebelum mobil menjadi lebih parah, karena kita tidak mengetahui apa yang terjadi pada mobil yang kita kendarai meskipun sebelum digunakan telah dilakukan proses kroscek dan dalam kondisi sehat, terutama pada bagian radiator. 

Radiator adalah satu sistem pendingin yang terdapat dalam mobil, fungsinya adalah untuk sirkulasi panas pada mesin mobil atau heat exchanger. 

Berikut Tanda Air Radiator Mobil Habis

Pada sub bab ini, kami akan memberikan 5 indikasi awal saja yang biasanya terjadi sebelum mobil over heat. Karena jika mobil sudah sampai over heat, efeknya akan merembet sampai kebakaran mobil.

Indikator Suhu Mesin Menyala

Sebagai tanda awal yang memberikan informasi kalau mobil kamu sedang kehabisan air radiator, bisa dimulai dari indikator suhu mesin pada dashboard mobil menyala. Indikator ini ber logo seperti alat ukur suhu, yang biasanya berada di pojok kanan bawah dashboard mobil. 

Jika mobil kamu menemui masalah serupa, segera berhenti di tepi jalan dan buka kap mesin agar panas dalam mesin tidak terjebak di dalam kap mobil dan segera cek tanki air radiator. 

Suara Mesin Menggelitik

Selanjutnya jika indikator suhu mesin tidak menyala tetapi kamu mendengar suara menggelitik seperti "tek tek tek" pada saat pemakaian mobil biasa, itu bisa jadi air radiator mobil kamu habis dan proses pendinginan mesin mobil yang dilakukan radiator menjadi tidak sempurna. 

Biasanya setelah suara mobil menjadi menggelitik, akan langsung terjadi cipratan air radiator yang lepas. Bisa jadi akan terjadi mobil over heat langsung. 

AC Mobil Seketika Tidak Dingin

Tanda air radiator mobil habis yang dapat kamu perhatikan saat pemakaian mobil adalah saat AC mobil kamu tiba-tiba menjadi kurang dingin, padahal biasanya aman saja dan tidak ada kendala. Saat menemui masalah ini kamu harus curiga, apalagi kondisi di luar tidak panas terik yang menyebabkan kompresor AC mobil terganggu performanya.

Mobil Menjadi Tidak Bertenaga

Selanjutnya tanda air radiator mobil habis yang ke-4 adalah saat kamu sedang mengemudi dan merasakan tarikan mobil kurang bertenaga, itu bisa dicurigai juga. Untuk kondisi ini, sebagai user mobil kamu harus menciptakan "kepekaan" terhadap kendaraan pada saat mengendarainya, jangan cuek dan taunya hanya gas rem mobil.

Berhenti dahulu dan cek air radiator, jika habis dan mobil masih harus digunakan perjalanan jauh. Kamu wajib hati-hati dan hindari jalan menanjak, kalau bisa saat ketemu bengkel mobil bisa melakukan kroscek. 

Keluar Uap Dari Kap Mobil

Tanda air radiator mobil habis yang terakhir adalah keluarnya uap mobil dari kap, ini tanda yang tidak dapat kamu hindari dan suka ataupun tidak kendaraan tersebut harus stop segera.

Buka kap mobil agar panasnya hilang, tunggu sekitar 10-30 menit lalu hidupkan kembali. Setelah itu hidupkan mobil dan AC mobil sambil kap mobil terbuka, dan cek pada bagian radiator.

Jika ada kebocoran pada radiator, kamu tidak disarankan melanjutkan perjalanan. Segera cari pertolongan atau angkut mobil tersebut menggunakan mobil derek atau towing. 

Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form