Cara Mengatasi AC Mati Sendiri 100% Work

cara mengatasi ac mati sendiri

Saparoh.com - Pernah mengalami gangguan pada AC dan sering mati sendiri? Berikut cara mengatasi AC mati sendiri yang perlu kamu perhatikan agar permasalahan yang saat ini kamu alami bisa terselesaikan dengan aman, dan tentunya tutorial ini akan work 100% karena berdasarkan pengalaman pribadi. 

Masalah yang sangat menganggu kenyamanan pemilik alat pendingin ruangan ini sangat berdampak bagi mereka yang sedang membutuhkan kondisioner tersebut di dalam ruangannya. Apalagi kondisi cuaca yang terkadang panas terik, ruangan ber AC jadi tempat favorit. 

Tapi satu kondisi ternyata perangkat elektronik tersebut mati sendiri dan kamu sebagai pemilik merasa bingung bagaimana cara mengatasi ac mati sendiri. Sekarang tidak perlu bingung, akan kami uraikan secara singkat di bawah ini. 

Cara Mengatasi AC Mati Sendiri

Ketika menemui masa tersebut, jangan gugup. Dengan berkunjung ke website saparoh untuk mencari tutorial cara mengatasi ac mati sendiri adalah pilihan terbaik. 

Untuk selanjutnya akan kami uraikan berikut ini cara mengatasi ac mati sendiri tersebut. Namun yang perlu diingat, cara ini bisa diterapkan oleh banyak merk ya dan tidak terpaku pada 1 brand saja. 

Cek Timer AC

Permasalahan sederhana yang harus kamu cek pertama kali saat ac kamu mati sendiri adalah dengan cek remote nya terlebih dahulu, lalu periksa apakah ada indikator "timer" pada remote nya atau tidak. 

Jika terdapat logo jam atau timer pada remote AC nya, berarti permasalahan kamu terletak pada remote nya. Agar bisa mengatasinya, silakan hapus mode timer nya dan set pada mode biasa saja. 

Kalaupun ingin hemat, usahakan ac menyala dalam kondisi fan only saja ketika sedang tidak dipakai atau pilih fitur low watt jika ac kamu support low watt. 

Sensor Suhu Rusak

Perkiraan kedua yang menyebabkan ac kamu mati sendiri adalah dari sensor suhu yang rusak. Ketika ac kamu sedang jalan normal terus mati sendiri tanpa sebab, itu perlu dicurigai dan dicari masalahnya. 

Bisa jadi sensor suhu yang terletak pada ac mengalami masalah. Problem tersebut biasanya terletak pada pembacaan temprature yang error, dan cara memperbaikinya adalah dengan mengganti sensor suhu dengan yang baru. Pastikan harus satu tipe dengan brand ac yang kamu miliki ya!

Kondensor AC Kotor

Permasalahan terakhir yang biasanya menyebabkan ac mati sendiri adalah kondisi ac yang kotor, ini biasanya ditandai dengan tetesan air yang keluar dari ac. 

Ketika ac kamu mengalami indikasi tersebut, jangan dibiarkan saja. Harus segera dicek dan lakukan pembersihan, bisa jadi nanti akan merembet ke mana-mana. Kotornya ac akan mempengaruhi suhu dingin atau tidaknya, karena sirkulasi udaranya terganggu kotoran.

Biasanya ongkos untuk membersihkan ac hanya 50rb saja untuk 1 unit. Namun jika sudah parah, freon bisa habis karna terjadi kebocoran pada pipa nya. 

Kesimpulan 


Gimana nih, setelah memperhatikan penyebab dan cara mengatasi ac mati sendiri dari penjelasan di atas, apakah kamu sudah mulai waspada atau menjaga kondisi perangkat elektronik dengan baik?

Yuk segera cek kondisi ac rumah kamu sebelum kejadian ini terjadi pada perangkat ac nya. Sama seperti kondisi tubuh, jika kita tidak menjaga kesehatan dengan konsumsi makanan sehat maka badan akan sakit dan mudah terserang penyakit juga. 

Semoga artikel sederhana ini dapat bermanfaat ya, silakan share agar kerabat yang belum mengetahuinya bisa belajar bersama, terimakasih. 

Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form