Penyebab dan Cara Mengatasi Over Heat Pada Mobil

Penyebab dan cara mengatasi over heat pada mobil

Saparoh.com - Bagi kamu pengguna mobil untuk oprasional, kesehatan kendaraan sangat harus diperhatikan, salah satunya dari over heat. Faktor penyebab dan cara mengatasi over heat pada mobil akan kami ulas dalam artikel ini.

Semua akan kami rangkum berdasarkan pengalaman pribadi, karena kejadian ini sangat mempengaruhi performa dan pastinya mobilitas kamu terganggu. 

Over heat pada mobil adalah satu kondisi dimana fungsi dari radiator atau pendingin mobil tidak bisa berfungsi secara optimal. 

Lalu apa saja sih penyebab yang membuat mobil over heat? Sebelum mengulas lebih lanjut, yuk tetap support blog saparoh agar bisa share ilmu bermanfaat lainnya. 

Penyebab Over Heat Pada Mobil


Sebenarnya ada banyak faktor yang mempengaruhi penyebab over heat pada mobil, salah satunya adalah faktor kesalahan manusia, karena terlalu cuek terhadap kendaraannya. Namun dari aspek teknis, penyebabnya antara lain.

  1. Air coolant pada radiator mobil sudah habis, atau indikator tanki menunjukkan posisi low. Maka sebelum terjadi over heat, harus diperhatikan ya. Untuk membeli coolant radiator, bisa cek di olshop saja atau klik link tokped.
  2. Mobil dipaksa melewati jalan menanjak, kejadian ini sering sekali ditemukan sehingga membuat mobil over heat. Padahal spek mobil tidak cocok melewati jalan tanjakan, bahkan di dalam mobil mengangkut banyak penumpang. 
  3. Radiator mobil mengalami kebocoran. Hal utama yang paling bahaya saat over heat adalah point ketiga, saat sudah mengalami kebocoran, kamu tidak disarankan melanjutkan perjalanan. Silakan hubungi bantuan untuk derek ke bengkel terdekat. 
Ketiga poin di atas merupakan penyebab over heat pada mobil yang sering sekali kita jumpai, baik dalam kondisi sadar ataupun tidak. 

Jika sudah mendapatkan fasilitas atau menggunakan mobil sebagai oprasional, sudah seharusnya kita wajib melangsungkan perawatan agar mobil tetap prima. 

Lalu, bagaimana cara mengatasi over heat pada mobil? Kita akan membahas nya pada sub bab di bawah ini ya. 

Mengatasi Over Heat Pada Mobil

Pada sub bab ini, tentunya akan membahas penyelesaian saja. Karena kamu telah mengetahui penyebab over heat pada mobil, jadi untuk mengatasi over heat pada mobil hanya menarik kesimpulan saja. 

Membuka kap mobil

Pertolongan pertama saat mobil kamu terkena over heat adalah dengan membuka kap mobil terbuka, ini sangat membantu distribusi panas yang ada dalam mesin mobil untuk keluar. 

Jangan biarkan kap mobil tetap tertutup pada saat over heat, karena komponen lain dapat terkena dampaknya juga. Jadi, kita wajib melakukan preventif agar kerusakan tidak menyebar. 

Estimasi untuk mendinginkan mesin mobil bisa 1 jam an lebih agar mobil bisa kembali ke performa terbaiknya. 

Mengisi air coolant

Jika dirasa mesin mobil kamu sudah mulai dingin dengan membuka kap mobil, silakan untuk mengisi air coolant pada radiator. Ingat, coolant tidak bisa dimasukkan air biasa, karena akan membuat heat exchanger pada radiator akan karatan. 

Jangan membuka tutup radiator pada saat pertama kali terjadi over heat, karena tutupnya yang masih panas dan akan terjadi muncratan air coolant pada radiator. 

Mengganti upper tank radiator

Tahap teknis mengatasi over heat pada mobil adalah dengan mengganti upper tank radiator. Jangan pernah kamu menambal upper tank pada saat terjadi kebocoran pada radiator, itu akan membuat parah radiator dan tidak menyelesaikan masalah. 

Ada baiknya, kamu melakukan stok untuk komponen ini di mobil jika membeli kendaraan second atau mobil sudah berumur lebih dari 5 tahun. Harganya tidak mahal, sekitar 200-400rb saja, tentunya tiap tipe mobil beda harga ya. Bisa melakukan pembelian di olshop agar lebih murah.

Angkut mobil dengan towing

Saat kondisi mobil kamu jauh dari bengkel dan terjebak di tengah jalan, sudah tidak bisa diatasi lagi kecuali dengan towing. Posisi mobil sudah tidak bisa didorong dan mati total. 

Agar tetap bisa beraktivitas, kamu wajib menggunakan jasa ini. Ini adalah pilihan terakhir saat ketiga poin di atas sebelumnya tidak berhasil mengatasi over heat pada mobil kamu ya. 

Catatan: jangan pernah melanjutkan perjalanan jika mobil sudah over heat beberapa kali dalam rentan waktu dekat, stop. Segera cari bantuan agar terhindar dari resiko kebakaran mobil!

Semoga artikel mengenai penyebab dan cara mengatasi over heat pada mobil dapat bermanfaat, silakan share artikel ini jika dirasa membantu, terimakasih.

Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form