Pengertian Gas Fee Dalam Dunia Crypto

Pengertian gas fee

Saparoh.com - Pengertian gas fee dalam dunia crypto masih banyak yang belum mengetahuinya, padahal ini merupakan salah satu transaksi wajib yang perlu dilakukan oleh user pada saat menjual atau membeli aalah satu aset crypto.

Pada kesempatan ini, kami hanya akan memberikan penjelasan terkait apa itu gas fee dan kenapa harus ada gas fee. 

Dalam transaksi sederhana, misalnya transaksi antar bank online atau top up virtual account dari akun bank, pasti memiliki nilai transaksi tersendiri. Jadi, jangan kaget saat pertama kali mendengar gas fee. 

Pengertian Gas Fee

Secara sederhana, gas fee adalah biaya admin yang harus kamu bebankan pada saat melakukan transaksi smart contract dalam blockchain suatu crypto. 

Besaran suatu gas fee pastinya berbeda-beda, tergantung dari jaringan smart contract dalam blockchain apa yang kamu gunakan. 

Istilah gas fee dalam bahasa sehari-hari juga bisa disebut sebagai biaya admin, tapi dalam bentuk mata uang digital.

Gas fee terbesar yang pernah ada untuk tiap transaksi, masih dipegang jaringan Ethereum dan gas fee terendah masih dipegang oleh jaringan Binance melalui BSC nya, atau Binance Smart Contract. 

Pemotongan biaya transaksi dilakukan bukan dari jumlah saldo yang kamu miliki dalam wallet crypto, melainkan dari jumlah transaksi yang kamu lakukan.

Sebagai contoh, kamu ingin transfer uang 100 BNB ke A, maka yang diterima oleh A tidak full 100 BNB, karena ada gas fee. Dan saldo wallet kamu tidak pengaruh sama sekali karena gas fee. 


Fungsi Gas Fee

Sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya, fungsi gas fee adalah untuk bayar biaya admin. Tujuan biaya admin itu akan masuk kedalam "miner" crypto itu sendiri, misalnya menggunakan blockchain BNB, maka gas fee nya akan masuk ke dalam supply BNB dan bisa ditambang lagi oleh miner. 

Fungsi gas fee yang lain tentunya sebagai safety agar terhindar dari spam transaksi. Biasanya semakin besar biaya gas fee maka transaksi tersebut semakin aman. 

Sudah jelas sih, orang pada malas mengeluarkan fee besar untuk tiap transaksi jika transaksi tersebut memang dibutuhkan dan dalam jumlah yang relatif besar. 

Jadi, sampai sini sudah mengerti kan pengertian gas fee seperti apa? Semoga bermanfaat artikel dari kami ya, terimakasih

1 Comments

  1. Jadi tambah ilmu
    pengertian dari gas fee
    terimakasih atas artikelnya

    ReplyDelete
Previous Post Next Post

Contact Form