Kerja atau Kuliah Mana yang Lebih Penting?

Kerja atau kuliah mana yang lebih penting

Saparoh.com - Bagi lulusan SMA, pasti bingung kerja atau kuliah mana yang lebih penting, ya kan? Dilema tersebut semakin terasa bila ada beberapa faktor X yang mempengaruhi pikiran tersebut. 

Pada kesempatan ini, kami ingin memberikan sedikit gambaran agar kamu bisa sedikit bijak dalam menentukan pilihan, karena ini merupakan pintu masuk ke jenjang kehidupan lebih sulit.

Dalam postingan ini akan ada sedikit beberapa kata motivasi, yang mungkin bisa berguna untuk kamu para pembaca. Karena pada dasarnya, penulis pernah berada di posisi serupa dan bingung untuk memilih. 

Dari pada bingung membuat pilihan kerja atau kuliah mana yang lebih penting, yuk simak beberapa ulasan berikut ini. 

Kerja atau Kuliah Mana yang Lebih Penting

Pastinya di dalam pikiran kamu akan muncul gesekan yang mulai tidak sinkron, namun saat itu juga kamu diwajibkan untuk memilih dengan segala kemungkinan terjadi kedepannya. 

Jadi, agar tidak bingung. Kami memberikan gambaran satu per satu kerja atau kuliah mana yang lebih penting, dan itu dimulai untuk kamu yang ingin bekerja terlebih dahulu. 

Pilihan Kerja Lebih Dahulu

Harus digaris bawahi, semua pilihan itu benar dan sama-sama membawa efek yang bagus, tergantung sudut pandang masing-masing. 

Banyak juga bagi lulusan SMA/K sederajat yang memilih untuk kerja terlebih dahulu, karena adanya beberapa alasan kuat, antara lain.

  • Ingin membantu ekonomi keluarga. 
  • Ingin menabung lebih dahulu supaya bisa membeli berbagai keperluan.
  • Tidak ingin berpikir lagi karena capek sekolah. 
  • Ingin membangun karir lebih awal.
  • Tidak diterima di kampus PTN.
Dan tentunya masih banyak beberapa alasan lainnya. Namun, alasan yang paling banyak diutarakan oleh orang yang memulai untuk kerja adalah "ingin membantu ekonomi keluarga". 

Kami sadar akan kekurangan atau ketidak beruntungan tersebut, bisa saja kamu adalah orang yang rajin, tekun, dan semangat dalam menuntut ilmu, tetapi dari ekonomi tidak memadai. 

Perlu diingat, saat kamu memutuskan untuk kerja lebih awal. Saat pengembangan karir dalam perusahaan, sudah bukan rahasia umum lagi jika penanjakan karir bagi lulusan SMA/K akan lebih lama dibandingkan sarjana. 

Pilihan Kuliah Lebih Dahulu

Bagi kamu yang beruntung karena bisa melanjutkan study atau sekolah ke perguruan tinggi, jangan sampai melewatkan kesempatan tersebut. Pergunakan untuk membuka pikiran, wawasan diperbanyak, dan mencari ilmu sebanyak-banyaknya. 

Biasanya, orang yang melanjutkan kuliah itu ada beberapa aspek tertentu, antara lain sebagai berikut. 

  • Ekonomi keluarga cukup.
  • Tuntutan orang tua agar bisa mengenyam bangku kuliah.
  • Ingin mengangkat drajat keluarga.
  • Ingin mendapatkan relasi alumni. 
  • Ingin mendapatkan jabatan dalam perusahaan. 
  • Menambah gelar dalam nama. 
Beberapa alasan tersebut yang sudah kami tuliskan, pasti lebih banyak lagi. Namun, biasanya orang memilih kuliah lagi karena mengikuti apa kata orang tua, dan orang tua nya mampu untuk membayar sekolahnya. 

Harus kamu ketahui, kuliah sangat mahal biayanya. Baik itu PTN atau PTS, menurut kami sama saja, bahkan ada biaya semester nya mencapai 10jt, dan itu belum termasuk biaya lain penunjang kuliah. 

Banyak juga diantara mereka yang tidak bisa menyelesaikan kuliah, karena beberapa alasan juga, seperti tidak kuat dengan mata kuliah, terlalu nyaman cari duit hasil projekan, dan lain sebagainya. 

Tetapi, pada saat lulus kuliah dan ingin bekerja di perusahaan, grade kamu akan berbeda dengan mereka yang lulusan SMA/K. Karena di negara kita masih memandang "ijazah" bukan skill. 

Kesimpulan

Dari penjelasan singkat yang sudah kami tuliskan, semuanya pasti memiliki plus minus. Kebanyakan tujuan akhir bagi kamu yang bingung memilih adalah cuma satu, yaitu mencari uang. 

Sudah kami sampaikan jenjang karir nya seperti apa, tetapi bagi lulusan SMA/K yang ingin usaha juga biasanya lebih berani take a risk dibandingkan dengan mereka yang lulusan kuliah, karena terlalu mengandalkan ijazah nya. 

Namun, kita tidak boleh berpikir skeptis. Semuanya pasti ada positif negatif, kalaupun kamu bisa menjalankan keduanya secara bersamaan baik itu kuliah sambil kerja, atau kerja sambil kuliah itu pun sangat baik. 

Hanya saja, kamu harus pintar dalam membagi prioritas agar bisa stay on the line dan tidak melenceng kejauhan. 

Jadi, masih bingung pilih antara kerja atau kuliah mana yang lebih penting? Yuk tinggalkan kolom komentar, kita berdiskusi. 

Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form